Amerika-bersiap-saksikan-gerhana-pertama-dalam-99-tahun

Amerika-bersiap-saksikan-gerhana-pertama-dalam-99-tahun

Amerika-bersiap-saksikan-gerhana-pertama-dalam-99-tahun

Amerika-bersiap-saksikan-gerhana-pertama-dalam-99-tahun

Senja akan datang pada Senin siang, bintang-bintang akan menjadi gelap, dan burung-burung akan duduk diam ketika jutaan orang Amerika dan migran mengalami gerhana total pertama di Amerika Serikat dari pantai ke pantai dalam 99 tahun.

Pemandangan bayangan bulan berjalan langsung di depan matahari, yang menunjukkan bintik-bintik di seluruh permukaannya, dengan pengecualian lingkaran cahaya korona matahari, yang mungkin akan menjadi peristiwa astronomi paling menarik dalam sejarah manusia.

Saat menghitung mereka yang menonton media langsung dan online, jumlah pemirsa cenderung melebihi rekor.

“Ini jelas akan menjadi gerhana total paling umum diamati dalam sejarah,” kata astronom Rick Fienberg dari American Astronomical Society (AAS) pekan lalu.

Gerhana matahari akan melintasi pantai Pasifik Oregon di akhir pagi dan mencapai pantai Atlantik Carolina Selatan sekitar 90 menit kemudian.

Gerhana matahari total dianggap sebagai fenomena yang paling mempesona di alam, tetapi jarang terjadi di negara yang luas, salah satu negara yang paling padat penduduknya di pertengahan musim panas.

Dalam hal pemirsa potensial, sulit untuk mengungguli Amerika Serikat dengan penduduk aktif dan kaya, meskipun rute langsung sebagian besar melalui daerah pedesaan dan kota-kota kecil. Yang terbesar adalah Nashville, Tennessee, sebuah kota dengan 660.000.

Namun, kemajuan media sosial yang murah dan teknologi optik canggih telah meningkatkan kesadaran publik dan menyebabkan tingkat audiensi yang diprediksi oleh banyak pakar AS menjadikannya “Gerhana Amerika yang Hebat”.

Pada hari Senin, bagian yang sangat gelap dari inti bayangan, umbra yang disebabkan oleh bulan, akan jatuh pada lebar 113 km dan lintasan 4.000 km di 14 negara bagian.

12 juta orang yang tinggal di sana dapat mengamati gerhana matahari pada titik sepenuhnya dengan hanya pergi keluar dan memeriksa apakah cuaca memungkinkan.

Selain itu, sekitar 200 juta orang Amerika hidup sekitar satu hari berkendara

dari seluruh zona gerhana, dan para ahli mengatakan hingga tujuh juta orang akan berkumpul di kota dan tempat perkemahan di sepanjang koridor sempit fenomena alam. Banyak dari mereka menghadiri festival dengan ceramah tentang musik, yoga, dan astronomi.

Dalam sebuah proyek bersama oleh Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) dan Montana State University, jutaan orang berpotensi melihat lebih banyak siaran langsung gerhana dari rekaman video online dari kamera pada balon di tempat tinggi atau siaran langsung.

Sementara gerhana matahari sebagian akan terjadi di seluruh Amerika Utara.

Kegembiraan diperburuk oleh ketersediaan besar kacamata surya yang aman

, yang dibuat dalam jutaan dan dijual begitu cepat sehingga pemasok tidak lagi dalam persediaan.

Produsen perangkat melaporkan bahwa harga perangkat dieksploitasi oleh pengecer bekas yang membeli dalam jumlah besar dan menjualnya kembali melalui Internet dengan harga yang terlalu tinggi.

Penyanyi pop Bonnie Tyler juga dijadwalkan untuk melakukan hit tahun 1983

“Total Eclipse of the Heart” di pesawat terbang dari Florida ke gerhana pada hari Senin.

Di darat, penjaga hutan, polisi dan administrator kota di zona gerhana total sedang bersiap untuk menyambut banyak pengunjung yang dikhawatirkan menyebabkan kemacetan lalu lintas yang parah dan meningkatkan risiko kebakaran hutan.

 

sumber :

https://calondr.com/

jasa penulis artikel